Kamis, 03 Februari 2011

ENERGI BUNYI

Energi Bunyi Salah satu bentuk energi lain adalah bunyi. Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.Semua benda yang dapat menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Contoh sumber bunyiadalah drum, gitar, seruling, dan lain-lain.Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Bunyi dapat didengar apabilaada media perantara, ada sumber bunyi, dan ada pendengar bunyi.Tidak semua sumber bunyi dapat didengar oleh telinga manusia. Bunyi yang dapatdidengar oleh telinga manusia memiliki rentang frekuensi 20 ± 20.000 Hz. Frekuensi tersebutdinamakan frekuensi audiosonik . Frekuensi yang tidak dapat didengar  manusia berada dibawah 20 Hz  yang disebut frekuensi
infrasonik dan frekuensi di atas 20.000 Hz yang disebutfrekuensi ultrasonik . Frekuensi infrasonik dapat didengar oleh hewan, seperti jangkrik dangajah, sedangkan frekuensi ultrasonik dapat didengar oleh hewan seperti lumba-lumba dankelelawar.Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh simpangan getaran. Simpangan terjauh darikedudukan setimbang disebut amplitudo. Makin besar amplitudo, makin keras suara yangdihasilkan. Tingkat kekerasan bunyi disebut juga intensitas bunyi. Satuan kekerasan bunyiadalah desibel.Benda yang dapat menyerap bunyi disebut peredam bunyi, misalnya karet, busa, karpet,kertas, kain, wol, dan spon.Ada beberapa bunyi pantul yang kita ketahui, di antaranya : 
1.Gaung 
adalah bunyi pantul yang terdengar bersamaan dengan bunyi asli, sehinggasuara yang terdengar tidak jelas. Hal ini jika dinding pemantul berada pada jarak yang lebih jauh dari sumber bunyi. Contohnya ketika kita berteriak dalam gedungyang besar.
 2.Gema
adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli lenyap. Gema dapatterjadi jika dinding pantul jaraknya cukup jauh dari sumber bunyi. Misalnya jika kitaberteriak di tebing, lembah, gua, ataupun bukit yang jaraknya cukup jauh. Gemadapat dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman laut.
 Energi BunyiHampir setiap saat, kita mendengar bermacam-macam bunyi. Saat berjalan, kamumendengar suara langkah. Ketika di rumah, kamu mendengar suara radio,tape recorder ,burung berkicau, ayam berkokok, orang berbicara, dan sebagainya. Bahkan, di malam yangsunyi pun kamu masih dapat mendengar suara jengkerik dan detakan jarum jam dinding. 
1.Sumber Bunyi 
Apa sebenarnya bunyi itu? Dari manakah asal bunyi? Bagaimanakah prosesterjadinya bunyi? Pada dasarnya, benda dapat mengeluarkan bunyi karena bergetar.Benda atau alat yang dapat menimbulkan bunyi disebut sumber bunyi. Misalnya, gongyang dipukul dan gitar yang dipetik.Bunyi ada yang enak didengar dan ada yang tidak enak didengar atau bahkan dapatmerusak. Suara musik atau penyanyi yang merdu tentu enak didengarkan. Namun, suaramesin pabrik, petir yang menggelegar, dan suara pesawat terbang tentu sangatmengganggu.Pada bab satu kamu telah belajar indra pendengar berupa telinga. Tuhan memberialat pendengaran yang sempurna. Namun, di balik kesempurnaan tersebut adaketerbatasan/dan di balik keterbatasan tersimpan kenikmatan. Tidak semua bunyi dapatkamu dengar. Andai kamu dapat mendengar semua bunyi, tentu tidak akan pemah bisatidur.Telinga manusia normal hanya dapat menangkap bunyi yang memiliki frekuensiantara 20 Hz sampai 20.000 Hz. Bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz - 20.000 Hzdisebut
audiosonik 
. Bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz disebut
infrasonik 
,sedangkan bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz disebut
ultrasonik 
.2.Perambatan Bunyi 
Pada tengah malam yang sunyi, kita dapat mendengar bunyi denting jam atau suaralolongan anjing. yang berasal dari tempat yang jauh atau mungkin suara cecak yangsedang merayap di dinding. Tahukah kamu mengapa bunyi tersebut bisa sampai ketelinga kita? Zat apakah yang menjadi perantaranya? Gelombang bunyi termasuk gelombang mekanik, yaitu gelombang yang memerlukan medium dalam perambatannya.Oleh karena itu, bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa. Medium yang diperlukanbunyi untuk merambat dapat berupa gas, cair, dan padat.
Ketika bapak/ibu guru berbicara di depan kelas, kamu dapat mendengar apa yangdibicarakan. Hal ini menunjukkan bunyi dapat merambat melalui gas (udara). Saat kamumenyelam di kolam renang, kamu dapat mendengar langkah temanmu yang juga beradadi kolam. Hal ini menunjukkan bunyi. dapat merambat melalui zat cair (air). Perambatanbunyi melalui zat padat ditunjukkan bila telingamu ditempelkan pada pagar besi, lalutemanmu mengetuk ujung pagar yang lain secara perlahan, maka dapat kamu dengar suara tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar