Tujuan: | anak dapat mengetahui jenis dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi. |
Petunjuk: | Pilihlah jawaban dengan tepat! |
1. | Apakah yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui? |
a. sumber daya alam yang terbatas | |
b. dapat dihasilkan kembali setelah digunakan | |
c. tidak dapat dipakai berulang-ulang | |
d. tidak dapat dihasilkan kembali setelah digunakan |
2. | Contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah . . . |
a. gas alam | |
b. hasil peternakan | |
c. hasil pertanian | |
d. hasil perikanan |
3. | Di bawah ini adalah merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, kecuali . . . |
a. hasil perkebunan | |
b. hasil perikanan | |
c. minyak bumi | |
d. hasil pertanian |
4. | Di bawah ini adalah kekayaan alam dari hasil perkebunan kecuali . . . |
a. kelapa sawit | |
b. kopi | |
c. rotan | |
d. cengkeh |
5. | Kekayan alam hasil dari laut ialah . . . |
a. trumbu karang | |
b. batu bara | |
c. buncis | |
d. ulat sutera |
6. | Di bawah ini yang merupakan dari hasil tambang adalah . . . |
a. ikan | |
b. kina | |
c. domba | |
d. timah |
7. | Apakah manfaat dari sumber daya kelapa sawit? |
a. bahan banggunan | |
b. bahan pakaian | |
c. bahan minyak goreng | |
d. bahan bakar |
8. | Bagaimanakah cara usaha-usaha untuk pelestarian kekayaan alam? |
a. membuang limbah di sungai | |
b. menangkap ikan dengan bahan peledak | |
c. mendaur ulang bahan-bahan bekas | |
d. menebang semua pohon di hutan |
9. | Kegiatan ekonomi masyarakat yang dipengaruhi keadaan alam di daerah pedesan lebih cocok untuk kegiatan . . . |
a. perkantoran | |
b. pelabuhan | |
c. perkebunan | |
d. perdagangan |
10. | Kegiatan ekonomi masyarakat yang dipengaruhi keadaan alam di daerah perkotaan lebih cocok untuk kegiatan ..... |
a. perdagangan | |
b. perikanan | |
c. perkebunan | |
d. peternakan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar