Senin, 14 Desember 2009

Anak SD Jangan Pakai Ponsel

Anak SD Jangan Pakai Ponsel

Selasa, 27 Oktober 2009 | 12:52 WIB | Posts by: Satwiko Rumekso | Kategori: Berita Terkini, Gadget, Gaya Hidup | ShareThis

London-Studi soal bahaya ponsel di berbagai negara semakin memperoleh bukti bahwa ponsel punya potensi yang menyebabkan para pemakainya–terutama yang berlebihan pemakaiannya–berpotensi 50 persen risikonya terkena tumor otak

Para ilmuwan sekarang mengatakan ada risiko yang cukup signifikan pemakai ponsel dapat terkena tiga macam tumor otak dan tumor pada kelenjar ludah. Hasil penelitian ini akan disebarluaskan delapan minggu lagi.

Alasdair Philips, juru kampanye dari Powerwatch, mengatakan: “Banyak perusahaan ponsel menyembunyikan besarnya radiasi pada produk mereka pada buku petunjuk manual.

“Tetapi ponsel modern memberi radiasi elektromagnetik 217 kali dalam semenit pada kepala pemakainya. Anak-anak SD tak seharusnya memiliki ponsel, sedang anak SMP dapat menggunakan SMS (teks) dan bagi anak laki-laki sebaiknya tidak menyimpan ponsel dalam saku celana karena dapat mengurangi kesuburan akibat radiasi . Penelitian ini didanai oleh WHO dan dilakukan oleh Interphone Project. Mereka melakukan riset di 13 negara dan mewawancarai 12.800 orang.

“Saya secara umum setuju membatasi pemakaian ponsel oleh anak-anak, meskipun tidak akan melarang penggunaannya,” kata Dr Elisabeth Cardis, yang mengepalai riset ini.

Anak-anak rentan terkena radiasi ponsel karena tengkorak mereka masih tipis dan otak mereka masih kecil sehingga menyerap lebih banyak radiasi. Sedang menyimpan ponsel di saku celana dapat mengurangi jumlah sperma sebanyak 30 persen.

Soal perlindungan anak, Prancis menerapkan aturan bahwa untuk anak di bawah 12 tahun tak boleh diiming-imingi ponsel. Operator dalam menawarkan ponsel pada orangtua hanya menawarkan ponsel yang hanya bisa SMS saja. Di Australi anak-anak boleh memakainya hanya dalam keadaan darurat. Di Israel pemakaian tak boleh di tranportasi publik. Di Jerman ponsel yang radiasinya aman diberi tanda. mirror/rr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar