Minggu, 03 Januari 2010

Mengenal Teknik Belajar Efektif

Mengenal Teknik Belajar Efektif

Oleh: AsianBrain.com Content Team

Setiap orang pastinya ingin sukses. Salah satu cara yang menjadi keniscayaan adalah menjadi seorang pembelajar secara terus-menerus. Apapun teknik belajar yang digunakan, yang terpenting adalah semangat atau kemauan untuk belajar.

Tidak ada batasan umur, wilayah, ras, agama, semua berhak untuk mendapatkan kesempatan belajar.

Perlu Anda ketahui, setiap orang memiliki gaya belajar berbeda-beda. Ada yang bergaya belajar verbal, visual, atau kinestetik. Masing-masing gaya tersebut memiliki karakteristik berbeda.

Saat ini, mungkin Anda sedang mencari teknik belajar yang efektif. Merasa cara belajar Anda selama ini masih kurang pas, dan tidak optimal.

Nah, berikut 4 persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum belajar, yaitu :

1. Persiapan Mental

Masalah mental memiliki peran tersendiri dalam mendukung kesuksesan belajar Anda. Karenanya, bayangkan, hasil ujian yang baik agar Anda merasa bahagia dan nyaman dalam belajar. Berpikirlah positif. Yakinlah, Anda mampu menyelesaikan semua pelajaran dengan baik. Teknik belajar yang baik adalah dengan memasang mental Juara. Seorang juara akan selalu berjuang hingga titik darah penghabisan, tanpa peduli hasil akhir yang akan ia dapatkan.

2. Persiapkan Fisik

Jika fisik tidak prima, maka Anda tidak mungkin bisa belajar dengan efektif. Sebelum mulai belajar, Anda bisa melakukan senam ringan, untuk memberikan efek ketenangan pada psikis Anda. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi sebelum belajar. Anda juga bisa mandi terlebih dahulu, agar lebih bersemangat dalam belajar. Fisik yang bugar, menjadi bagian teknik belajar yang efektif.

3. Tentukan yang ingin Anda Pelajari

Pastikan Anda mempelajari mata pelajaran yang tepat. Jika Anda akan menghadapi ujian, jangan sampai Anda tidak mendapatkan informasi mengenai bab yang akan diujikan. Akan sangat fatal hasilnya jika Anda mempersiapkan yang bukan sesungguhnya diujikan, karena keteledoran Anda. Sebaik apapun teknik belajar yang Anda gunakan, jika tidak didukung keakuratan informasi materi yang diujikan, maka hasilnya tidak akan optimal.

4. Berdoa

Hal ini akan melatih konsentrasi dan menumbuhkan keyakinan diri sebelum melakukan sesuatu. Bahkan, keyakinan menjadi satu faktor pendukung kesuksesan, yang mendukung teknik belajar yang lain.

Berikut ini langkah-langkah teknik belajar yang efektif :

1. Kenali gaya belajar Anda

Pahami, apakah Anda lebih mudah mengingat sesuatu melalui verbal, gambar (visual), atau kinestetik. Jika tipe verbal, perbanyak belajar melalui membaca atau mendengarkan. Jika tipe visual, perbanyaklah belajar menggunakan bantuan gambar-gambar. Sementara bila tipe kinestetik, lakukan belajar sambil melakukan (berbuat).

2. Latih konsentrasi

Teknik belajar yang baik tidak ditentukan pada lamanya waktu, tapi kualitas tingkat konsentrasi. Untuk melatihnya, setiap hari biasakan 5-10 menit untuk belajar. Semakin lama tingkatkan durasi waktunya.

3. Kontinyu

Jangan belajar hanya saat akan menghadapi ujian. Biasakan belajar secara rutin. Sesuatu yang dibaca berulang-ulang pasti akan lebih mudah diingat.

4. Gunakan teknik menghafal

Anda bisa menggunakan beberapa sistem dalam menghafal yang efektif. Misalnya, membuat singkatan dengan istilah yang mudah diingat. Model itu disebut jembatan keledai atau kaitkan konsep dengan gambar tertentu yang lebih mudah diingat.

5. Buat catatan singkat pada kertas kecil untuk memudahkan mengingat

Anda bisa menggunakan teknik belajar ini untuk mengingat hal-hal penting dalam proses belajar Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengulangnya dari catatan tersebut, tanpa perlu membawa diktat pelajaran yang tebal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar